Tuesday, May 21, 2019

Nonton Film The Professor and the Madman

Nonton Film: The Professor and the
madman

Picture taken fromm m.imbd.com

Satu lagi film yg layak utk ditonton,  yaitu film yg berjudul The Professor and the Madman.

Suatu film yg berlatar sejarah yang mengisahkan kerja keras dalam menyusun sebuah kamus Inggris oxford yg memakan waktu selama lebih dari 70 tahun yg dipimpin oleh Professor James Murray.

Pekerjaan ini sangat
menantang karena kamus ini harus memuat kata-kata yg bukan hanya digunakan Inggris modern saat itu tapi juga kata-kata lama atau yg digunakan dalam buku-buku yg tersebar di Inggris kala itu. Data yg dikumpulkan juga harus memuat di mana kata tersebut ditemukan, tahun penulisan buku tsb dan penjelasan apakah kata tersebut adalah kata serapan dari bahasa asing lain.

Tanpa diduga kontributor utama dari penyusunan awal kamus adalah seorang tahanan asal Amerika yg dianggap gila krn telah membunuh seorang warga negara Inggris krn mengira orang inggris tersebut adalah orang yg selalu mengikutinya dan berniat membunuhnya.

Tahanan yg identitasnya adalah seorang dokter yg bernama William Minor ini sangat
 menyesali tindakan pembunuhan yg dilakukannya itu. Ia terus menghukum diri dan ingin menebus kesalahannya dg berbuat sebisa2nya membantu keluarga yg ditingalkan korbannya.

Bagaimana film mengharukan ini menggambarkan kisah janda korban yg membenci tahanan tersebut bisa berubah menjadi kasih dan cinta? Apakah memang ada dasar yg kuat yg bisa mengubah perasaan benci jadi cinta?

Bagaimana tahanan tersebut menghukum dirinya sendiri agar dia tidak menikahi janda dari korban yg dibunuhnya?

Apakah masyarakat Inggris bisa menerima fakta bhw kamus Inggris sebagian di antaranya adalah hasil pemikiran dan sumbangan dari org yg dianggap gila yg membunuh satu orang warganya?

Sampai sejauh manakah seorang pedosa yg bertobat perlu dihukum dan kapan ia bisa diampuni?

Temukan jawabannya dlm film menarik ini.







No comments:

Post a Comment