Sunday, August 25, 2019

Nonton film: Good Bye Christopher Robin


Nonton film: Good Bye Christopher Robin
Picture from imbd

Imbd rating: 7.2/10

Siapa yg tidak kenal dg cerita anak2 Winni9oe the Pooh? Beruang lucu yg menggemaskan dan disukai anak2 di berbagai negeri?

Siapa yg tahu bahwa di balik cerita ini ada kisah sedih dari tokoh yg menjadi inspirasi cerita ini?

Pembuat cerita Alan Alexander Milne  dalam film tsb dikenal sbg Blue memiliki seorang anak laki2 yg bernama Christopher Robin yg belakangan sangat menginspirasi buku2nya yg sangat terkenal.

Istrinya sebenarnya menginginkan seorang anak perempuan karena masa itu adalah masa saat perang yg telah membawa banyak korban dan kepedihan bagi keluarga yg ditinggalkan. Jika anaknya perempuan maka kelak tidak akan pergi berperang.  Selain alasan tersebut, dia mengalami trauma pasca kelahiran sehingga mereka memutuskan untuk memerkerjakan seorang pengasuh bagi Christopher.

Blue sendiri yg saat itu survival dari perang mengalami trauma yg cukup parah sehingga pekerjaannya sbg penulis sangat terpengaruh. Karya2nya seakan2 terhenti, buntu dan sebaliknya daripada menulis ttg fiksi, ia menulis ttg ketidak-setujuannya terhadap perang yg dianggap sbg cara yg tidak tepat dlm mengatasi problem. Istrinya sangat tidak setuju dg tulisan ini karena menganggap menulis ttg protes ini tidak akan populer ataupun mendapat dukungan dari pembaca.

Akhirnya Blue memutuskan keluarganya pindah ke Sussex dan di sinilah dia punya kesempatan bermain dg anaknya yg sekaligus menginspirasinya utk membuat cerita ttg beruang dan si kecil Christopher.

Ketenarannya justru membuat Christopher mulai merasa kesepian karena kesibukan dan publisitas membuat mereka sibuk dg interview dan acara2 bertemu dg orang2 penting.

Problem lain muncul karena Christopher dibully di sekolahnya oleh teman2 yg iri padanya. Karena itulah dia benci dikenal sbg Christoper Robin yg dianggap sbg sumber dari penindasan yg diterimanya di sekolah.

Saat perang tiba dan para pemuda yg lolos test kesehatan diwajibkan masuk militer, Christopher yg tidak lolos test memaksa ayahnya utk menggunakan kepopulerannya dan pengaruhnya agar dia bisa diterima di wajib militer. Ayahnya dg berat hati mengabulkan permintaannya krn itulah satu2nya cara agar dia bisa merebut hati anaknya yg menuduhnya telah menjual kisah masa kecilnya demi uang dan ketenaran.

Apakah Christopher berhasil pulang dari perang dalam keadaan hidup?
Dapatkah ia memaafkan orang tuanya yg menurutnya dianggap memanfaatkan masa kecilnya demi kepopuleran?
Penindasan atau yg dikenal bully seberapa merusaknya dalam kehidupan seseorang?
Bagaimana kisah ttg beruang .yg lucu yg bisa menghibur seorang tentara yg sekarat di medan perang?

Suatu kisah tentang kehidupan yg membuat kita semua merenung ttg nilai uang, persahabatan, dan kehidupan. Mengajarkan bahwa uang bukan sumber kebahagiaan yg sejati...






No comments:

Post a Comment