Friday, June 28, 2019

Nonton film: The Bridge of Spies

Nonton film: The Bridge of Spies
Picture from Imbd


Imbd Rating 7.7/10
 
Di masa perang dingin antara Uni Soviet dan Amerika Serikat, saat seorang mata2 musuh ditangkap pastilah negara dan warga negara yg dimata-matai  akan merasa marah dan ingin mengeksekusi mata2 musuh. Yang menarik adalah meskipun ini adalah kecenderungan yg normal namun konstitusi (dlm latar film ini di negara Amerika) tetap mematuhi ketentuan untuk menyediakan pengacara bagi mata2 tersebut agar dia bisa mendapat pengadilan yg adil.

Seorang pengacara (yg tentunya warga negara Amerika sendiri) ditunjuk oleh negara Amerika untuk menjadi pengacara bagi mata2 Rusia tersebut. Pria yg bernama James Donovan (diperankan oleh Tom Hank) ini berusaha dengan sebaik-baiknya menjalankan tugasnya sehingga kebanyakan warga negara Amerika ini memusuhi dia karena dianggap membela musuh negara, meskipun pada kenyataannya dia hanya menjalankan tugasnya.

James berhasil membela tawanan yg mulanya akan dijatuhi hukuman mati tersebut sehingga vonisnya berubah menjadi masa penjara 30 tahun dengan pertimbangan bahwa jika seorang mata2 Amerika tertangkap Rusia pun pastilah Amerika ingin agar warga negaranya diperlakukan dg adil dan berperi-kemanusiaan.

Tak lama setelah keputusan tersebut, salah satu mata2 Amerika ditangkap oleh Soviet. Maka peluang untuk menyelamatkan warga negara Amerika inipun terbuka dengan cara menukar tawanan dg tawanan.

Permasalahannya saat akan bernegosiasi pertukaran tawanan, James mengetahui bahwa ada lagi seorang Amerika yg ditawan di Berlin, yang adalah sekutu dari Rusia. Demi menyelamatkan mahasiswa yg ditangkap oleh pasukan Jerman Timur ini James harus memutar otaknya agar dia bisa menukar satu orang Rusia dengan dua orang Amerika.

Apakah tekadnya menyelamatkan kedua orang ini berhasil?
Mengapa dia mengambil resiko untuk menyelamatkan dua orang ini?

Bridge of spies, judul film ini sebenarnya mengacu pada jembatan yg dijadikan sebagai lokasi di mana pertukaran mata2 dilakukan.

Kisah nyata yang menarik ini diambil dari kisah nyata pengacara Amerika yg bekerja bukan hanya demi tugas tapi juga karena menjalankan prinsip dan hati nurani. Dia siap untuk mengambil jalan yang tidak mudah demi menjalankan prinsip yang dia yakini benar.


No comments:

Post a Comment