Sunday, April 5, 2020

NONTON FILM: TOO KILL A MOCKINGBIRD

NONTON FILM: TOO KILL A MOCKINGBIRD
To Kill a Mockingbird (1963 US theatrical poster).jpg
picture from Wikipedia


Atticus: seorang pengacara dan duda (istrinya meninggal)  membesarkan kedua anaknya dan selalu mengajarkan moral2 pada anak2nya. Ia pernah mengatakan pd anak2nya bhw mereka boleh bunuh burung lain tapi jangan membunuh Mockingbird yang tidak pernah menjadi ancaman ataupun merugikan manusia.

Jem dan Scout: kedua anak Atticus yang senang bermain dan selalu ingin tahu


Dill : Seorang anak yg datang ke rumah tantenya, yg adalah tetangga Jem dan Scout saat dia libur sekolah. Saat bermain suka menantang mereka utk bermain di dekat rumah yg penghuninya dianggap misterius dan kasar


Arthur Radley: sering dijuluki Boo. Seorang yg dianggap misterius dan kasar, padahal dia hanyalah seorang yg agak terbelakang dan tidak nyaman saat bergaul dg org lain. Dia senang mengamati Jem, Scout dan Dill saat mereka bermain. Dia jadi sayang dg Jem dan Scout sehingga dia suka memberi hadiah yg ditaruh di lubang sebuah pohon yg dengan mudah akan ditemukan oleh anak2 tersebut. Dia seperti malaikat pelindung mereka yang hampir saja tewas terbunuh karena kegilaan dari seseorang yg dendam dg ayah mereka, Atticus.


Nathan Radley: Kakak dari Boo Radley. Dia tidak suka adiknya jadi perhatian umum karena itu dia bersikap kasar ketika Jem,Scout dan Dill bermain di dekat rumahnya dan mencoba menakuti anak2 yg suka penasaran itu agar menjauh dari rumah mereka.


Tom Robinson : Seorang kulit hitam yg dijebak oleh seorang perempuan kulit putih yg kesepian. Dia dituduh memperkosa wanita tersebut oleh ayah perempuan tsb yang benci dg kaum kulit hitam.


Mayella Violet Ewell : wanita kulit putih yg tinggal dengan ayahnya yang rasis. Dia sangat mendambakan perhatian Tom, menjebak Tom agar mau menciumnya. Ayahnya sangat marah dan memukuli anak perempuan tersebut dan mendakwa Tom bhw Tom-lah yang telah memukuli dan memperkosa anaknya.


Bob Ewell: ayah dari Mayella. Membenci orang kulit hitam dan  dendam pada Atticus yang menjadi pengacara yang membela Tom Robinson. Kebenciannya terhadap Atticus makin besar krn niat jahatnya hampir tidak terwujud gara-gara Atticus. Dia memobilisasi kaum putih yang membenci kaum hitam untuk mengacau dan mendesak agar Tom dihukum seberat-beratnya. Saat melihat ada kesempatan melukai anak2 Atticus, dia segera melakukannya dan hampir saja membunuh salah satu anak Atticus,Jem,  jika Boo Radley tidak menyelamatkan mereka. 


Keluarga Tom Robinson: keluarga kulit hitam dan para tetangga kulit hitam lainnya tahu bahwa Tom tidak bersalah dan mengharapkan Tom bisa bebas dari tuduhan. Namun para jury yang adalah orang kulit putih menjatuhkan keputusan bahwa Tom bersalah. Mereka sangat hancur hatinya saat diberitahu Tom mati ditembak karena mencoba kabur dari penjara.


Sherrif : Saat mengetahui Boo Radley menyelamatkan Jem, ia yakin bhw Boo telah membunuh Bob Ewell demi menyelamatkan Jem. Dia memutuskan untuk tidak menuntut Boo Radley krn pembunuhan tersebut dan menyatakan bahwa kematian Bob Ewell disebabkan karena dia mabuk dan jatuh ke atas pisaunya sendiri.



Siapakah mockingbird yang ada dalam cerita ini?
Dialah Boo Radley. Saat Atticus yang memiliki background pengacara tahu bahwa demi menyelamatkan putranya, Boo Radley membunuh Bob Ewell, dia merasa harus melaporkan pembunuhan yg tidak disengaja tersebut karena itu adalah tugasnya sebagai warga negara dan penegak hukum. Namun Sherrif yg bersimpati dan menganggap Boo bukan orang yg berbahaya ingin membebaskan Boo dari segala tuduhan. Dia membuat cerita bahwa Bob mati karena kesalahannya sendiri. Keputusan Sherrif membuat Atticus teringat akan ajarannya sendiri pada anak2nya, "Don't kill mockingbirds." Atticus tahu bahwa Boo bukanlah orang yg suka membunuh demi kepuasan dan bukanlah orang yg berbahaya, sehingga setuju bahwa dia seharusnya pun tidak melukai Boo Radley, yang adalah bagaikan Mockingbird dlm kasus ini. 






No comments:

Post a Comment