Friday, April 27, 2018

MAT SD Menghitung Waktu Berpapasan

Silakan lihat penjelasannya berikut....
https://youtu.be/4y8D86kHCwk

UN 20 Mei 2014 no 26
26. Jarak kota M dan N adalah 275 km. Sinta mengendarai mobil dari kota M ke kota N pada pukul 08.30 dengan kecepatan rata-rata 45 km/jam. Pada waktu yang sama Nanda mengendarai mobil dari kota N ke kota M dengan kecepatan rata-rata 65 km/jam. Jika mereka melalui jalan yang sama, pada pukul berapakah mereka akan berpapasan?
A. pukul 10.00
B. pukul 10.15
C. pukul 10.30
D. pukul 11.00

J= K.W
W = J/K = 275/110 (kecepatan Sinta ditambah dg kecepatan Nanda)
        = 2,5 jam atau 2 jam 30 menit
  2.30 menit ditambahkan pada wkt keberangkatan mereka yaitu 08.30 = 11.00
Jadi mereka akan bertemu jam 11.



Monday, April 23, 2018

MAT SMP : deret geometri

Deret geometri adalah barisan yg urutan berikutnya adalah pembagian atau perkalian dr urutan sebelumnya.

Contoh : 3, 6,  12, 24, berapakah urutan ke 8??

U1 = 3
U2 = 6   (urutan sebelumnya 3 x 2 )            3x 2 = 4
U3 = 12 (urutan sebelumnya 6 x 2)             6 x 2 = 8
U4 = 24                                                             12 x 2= 24

Jadi pengali 2 disebut sebagai rasio

Rasio adalah Urutan berikutnya: urutan sebelumnya 
Jadi rasio dlm soal ini adalah 6/3 atau 12/6 atau 24/12 dst...jadi rasionya adalah 2

Sekarang rumus Un dari suatu urutan:
Misalnya U2 =  3 x rasio pangkat 1 = 3x2 =6
                  U3 =  3 x rasio pangkat 2 = 3x2^2 = 12
                  U4 = 3 x rasio pangkat 3  = 3 x 2^3= 24
       
Jadi rumus Un= angka urutan kesatu x rasio pangkat Un-1
                     
Un = a x rasio^(n-1)

Kembali ke soal
U8 = 3 x 2 pangkat 7 (krn n adalah 8 lalu dikurangi 1 adalah 7)
U8 = 3 x 2.2.2.2.2.2.2 = 3 x 128 = 384

Mari kita check...
Tadi sdh sd urutan ke 4 yg adalah 24
U5 = 24  x 2 =48
U6 = 48  x 2= 96
U7 = 96  x 2= 192
U8= 192 x 2= 384  Cocok dg perhitungan rumus!!

Contoh soal UCUN 2018 tahap 2 paket B
11. Sebuah sel membelah diri menjadi lima setiap 20
menit. Jika mula-mula terdapat 2 sel, banyak sel setelah 2 jam adalah
A. 31.250 sel
B. 15.625 sel
C. 6.250 sel
D. 3.125 sel

U1 (menit ke 0) = 2
U2 (menit ke 20)= 2x5 =10
U3 (menit ke 40)=10x5=50
U4 (menit ke 60)
U5 (menit ke 80)
U6 (menit ke 100)
U7 (menit ke 120)

Dalam 2 jam membelah berapa kali? 120menit/20 menit =6 kali +1 =urutan ke 7 (krn ada menit ke nol saat blm membelah diri)
Tentukan rasio 10/2 = 5

U7= 2 x 5 pangkat 6
     = 2 x 5.5.5.5.5.5
     = 2 x 15.625
     = 31.250 jadi jawabannya A
Atau lihat pembahasan di link berikut
https://youtu.be/DUHAtmHjHaM


Nah sekarang kita akan menghitung jumlah daei suatu deret geometri.
Soal berikut dari Soal SKL & USBN Genta Group publication hal 146 no.1

Sebuah tali dibagi menjadi 5 bagian sehingga bagian-bagian tersebut membentuk barisan geometri. Jika panjang tali terpendek 1 cm dan terpanjang 256 cm, panjang tali semula adalah
A. 256
B. 341
C. 671
D. 1.024

Langkah pertama cari rasio dg rumus Un
Diketahui U5= 256, dan U1 = 1 (awal/ a nya adakah 1)
U5 = a. r^4
256= 1. r^4
256= r^4
r = akar pangkat empat dari 256
r = 4

Langkah kedua cari S5 (Tanpa rumus mencari S5)
U1 = 1
U2 = 1x4 = 4
U3 = 4x4 =16
U4 = 16x4 = 64
U5 = 64x4 = 256
Jumlah sd U5 = 1 + 4 + 16 + 64 + 256 = 341


Langkah kedua cari S5 gunakan rumus
Sn= a (r^n -1)
         r-1

S5 = 1 (4^5 -1)
                4-1
S5 = 1 (1024 -1)
            3
S5 = 1023/3
S5 =341
Kedua cara dr langkah kedua menghasilkan hasil yg sama!!
Jadi jawabannya adalah B

SKL & USBN Genta Group publication hal 146 no.5
Sandy mampu mengumpulkan donasi untuk gempa di hari pertama
Rp25.000,00. Di hari berikutnya Sandy mampu mengumpulkan donasi
Rp50.000,00, dan di hari ketiga Sandy mampu mengumpulkan donasi
Rp100.000,00, begitu seterusnya sampai hari ke lima. Maka total donasi yang dikumpulkan Sandy adalah...
A. Rp425.000,00 C. Rp655.000,00
B. Rp550.000,00 D. Rp775.000,00

Langkah 1
Tentukan rasionya
r = 50.000/25.000 =2

Langkah 2, gunakan rumus...

Sn= a (r^n -1)
         r-1
      = 25.000 x (2^5 -1)
               2-1
      = 25.000 x (32-1)
                    1
       = 25.000 x 31
       = 775.000
Jadi jawabannya D













Sunday, April 22, 2018

MAT SMP Luas segi empat dari dua lingkaran yg bersinggungan

Mencari luas segi empat dari dua lingkaran yg bersinggungan...
Simak penjelasan dari Pak Ali dan Pak Fachrudin sbb:

https://youtu.be/g5FZjsnDCOY
https://youtu.be/TySVmrdyLzM (lihat no. 23)

Trik dr Pak Fachudin
Luas persegi= 14/47 x luas seluruhnya
Luas persegi= 14/47 x 1316 =391,999= 392

Saturday, April 21, 2018

P3K

PERTOLONGAN PERTAMA UNTUK KITA SEMUA
Thanks buat yg sdh share ke saya lewat WA, sy share lagi siapa tahu ada yg butuh...

SILAHKAN SHARE YAA ,
Ijin Share yaa dari group kesehatan

JANGAN BURU2 PERGI KE DOKTER, TANGANI DENGAN CEPAT TERLEBIH DULU SEBELUM TERLAMBAT

Homebase Kumpulan Pertolongan Pertama         :
Untuk keluarga yang sering mendapatkan sakit secara tiba2.
Tips ini diabuat Agar kita ga sering kaget jika sakit
dan dapat dengan cepat menanganinya



Directori Kesehatan Lengkap Silahkan Cek Disini
Pertolongan Pertama Pada :

Sakit Kepala  : https://goo.gl/KnWYpo
Serangan Jantung : https://goo.gl/eSuuuJ
Kaki Keseleo : https://goo.gl/2MHYtw
Demam  : https://goo.gl/JRxrT5
Flu dan Pilek :  https://goo.gl/af9JsE
Ngantuk  : https://goo.gl/3qqsEg
Magh kambuh : https://goo.gl/KS4JnN
Sakit Gigi  : https://goo.gl/94n3iC
Diare   : https://goo.gl/zKjY1m
Pendarahan  : https://goo.gl/de4qsZ
Sesak Nafas  : https://goo.gl/J6TESW
Keracunan  : https://goo.gl/xyRJX4
Luka Bakar  : https://goo.gl/rKiK1z
Muntah   : http://bit.ly/2pMasyc
Orang Pingsan  : http://bit.ly/2GwicyH
Mimisan   : http://bit.ly/2I9ZSZa
Hipotermia   : http://bit.ly/2pJ9kvU
Persalinan Darurat  : http://bit.ly/2IZQcBT
Susah BAB   : http://bit.ly/2pLoVKy
Kecelakaan  : http://bit.ly/2pOsiAr
Tersedak   : http://bit.ly/2J1Danh
Kepala Terbentur  : http://bit.ly/2pKQ5kQ
Rematik   : http://bit.ly/2GfuND2
Darah Tinggi  : http://bit.ly/2GCEBdw
Disengat Lebah  : http://bit.ly/2GzODfp
Sakit Mata   : http://bit.ly/2Ge6GIJ
Patah Tulang  : http://bit.ly/2E0FcAg
Digigit Ular   : http://bit.ly/2pKResE
Digigit Anjing  : http://bit.ly/2GhLzp6
Darah Rendah  : http://bit.ly/2J0GG1t
Kesemutan   : http://bit.ly/2GipwKN
Sariawan   : http://bit.ly/2GxROEy
Penderita Stroke  : http://bit.ly/2IabBqH
Dehidrasi   : http://bit.ly/2GCHkny
Kram Otot   : http://bit.ly/2Giz60m
Korban Tenggelam  : http://bit.ly/2pOubNx
Korban Kebakaran  : http://bit.ly/2DYVry0
Tertusuk Paku  : http://bit.ly/2pOKkT5
Wasir Datang  : http://bit.ly/2GDIRK5
Angin Duduk  : http://bit.ly/2GzKuIt
Mata Bintitan  : http://bit.ly/2J1VkFC
iritasi kulit   : http://bit.ly/2I77tYI
Bayi Jatuh  : http://bit.ly/2GdWzDU
Muntaber   : http://bit.ly/2GupnHJ
Hidung Tersumbat  : http://bit.ly/2J1GaQz
Cacar Air   : http://bit.ly/2pKxGo4
Serangan Tomcat  : http://bit.ly/2Id2Mg2
Luka Knalpot  : http://bit.ly/2GhOv0Z
Rambut Rontok  : http://bit.ly/2J1PaoL
Obesitas   : http://bit.ly/2E1gYpF
Kejang   : http://bit.ly/2uo9C08
Kelilipan   : http://bit.ly/2pN5LnF
Masuk Angin  : http://bit.ly/2pMeois


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua, sayangi keluarga anda, teman anda dengan mensharekan info ini, karena bisa jadi mereka sedang membutuhkan segera

Terimakasih,

Monday, April 16, 2018

MAT SD/ SMP Bangun datar dan bangun ruang

LUAS BANGUN DATAR

LUAS SEGITIGA= 1/2 alas x tinggi
LUAS PERSEGI = SISI X SISI
LUAS PERSEGI PANJANG = panjang x lebar
LUAS LINGKARAN = πx r²
LUAS TRAPESIUM = jumlah sisi sejajar berhadapan xtinggi tegak
                                                      2

LUAS JAJARAN GENJANG = panjang dasar x tinggi tegak
LUAS LAYANG2 = 1/2 x diagonal x diagonal
LUAS BELAH KETUPAT = 1/2 x diagonal x diagonal
                                                                             
BANGUN TIGA DIMENSI
LUAS BOLA = 4 x π x r²
VOLUME bola = 4/3 x π x r³

LUAS KERUCUT= πrs
VOLUME KERUCUT = 1/3 LA.t

LUAS LIMAS = LA + 4(segitiga yg membungkusnya)
VOLUME LIMAS SEGI EMPAT/PIRAMIDA ATAU KERUCUT
1/3 L.A x tinggi tegak lurus limas

LUAS TABUNG=terdiri dari alas dan tutup tabung, dan selimut tabung=π r (r + t) 















Volume tabung = luas alas (lingkaran) x tinggi tabung
                            = π 2rt 

MEMBANDINGKAN VOLUME DAN LUAS BANGUN RUANG

Berikut soal dr SKL Genta production hal 178
Sebuah kerucut mempunyai volume
20 dm3. Jika diameter kerucut tersebut
diperbesar 2 kali dan tingginya diperbesar
3 kali, volume kerucut yang baru adalah
A. 120 dm3
B.  240 dm3
C. 360 dm3
D. 720 dm3

Caranya bandingkan Volume baru dg Volume lama
Rumus Volume kerucut adalah 
1/3 x luas alas x t

=1/3 x 22/7 x r x r x t

Maka 
V lama =1/3 x 22/7 x r x r x t.     (Lalu ubah r x r menjadi r kuadrat)
V baru = 1/3 x 22/7 x 2r x 2r x 3 t.      (kalikan 2r dg 2 r)

20 .       =1/3 x 22/7 r^2   x   
V baru = 1/3 x 22/7 x r^2 x 3 

20 x 12 = V baru
V baru = 240 
Jadi jawabannya adalah B


Berikut soal dr SKL Genta production hal 175 no 4
Panjang rusuk 2 kubus masing-masing 6 cm dan 9 cm
Perbandingan volume dua kubus tersebut adalah...
A. 8:27
B. 8:30
C. 27:8

D. 30:8

V lama =6 x 6 x 6    (sederhanakan dg masing2 dibagi 3)
V baru = 9x 9 x 9

V lama = 2 x 2 x 2
V baru =  3 x 3 x 3

V lama = 8
V baru =  27

Jadi jawabannya A


Berikut soal dr SKL Genta production hal 178 no.4

4 Suatu kerucut memilki diameter alas 14 cm 
dan tingginya 24 cm. Luas permukaan kerucut
adalah.... satuan luas
A, 546π
B. 532π
C. 224π

D. 217π

Ingat luas kerucut adalah luas alas (yg adalah lingkaran) + luas pembungkus yaitu πrs
Lihat uraian berikut
Jadi jawabannya adalah C

 Soal dark Genta Grup Fokus Skl hal. 179 no.3 prediksi soal UN
Perhatikan gambar di samping!
Perbandingan lu
as permukaan tabung dengan
 volume tabung tersebut adalah....

A. 3 : 25
B. 25:3
C. 27:35
D. 35 27
Jadi jawabannya C

Hal. 179 prediksi soal UN no.5 Fokus SKL Genta Group Production
Sebuah kerucut jari-jarinya diperkecil,
sedangkan tingginya tetap. Perbandingan
Volume kerucut sebelum dan sesudah
diperkecil adalah 9: 1. Jika mula-mula
jari-jarinya 7 cm, jari- jari setelah
diperkecil adalah.... cm.
A, 9
B. 6,5
C. 3,5
D. 2,33
Jadi jawabannya D




Saturday, April 14, 2018

MAT SMP: gradien, persamaan garis, persamaan garis yg berpotongan tegak lurus, persamaan garis yg sejajar

  Ada 2 rumus utk menentukan persamaan garis melalui dua titik     pertama tentukan gradien dr 2 titik tersebut dg rumus yg
   melibatkan kedua koordinat. Koordinat pertama adalah x1 dan 
   y1 dan koordinat kedua x2 dan y2

                   y2 - y1
           m =  x2- x1

Setelah itu mencari x dan y dari persamaan jadi x dan y nya tdk diketahui kemudian gunakan salah satu koordinat yg sdh dinamai x1 dan y1

y-y1   = m (x-x1)

Jika persamaan garis sdh dlm bentuk ax + by + c  = 0
Maka rumus gradiennya = -a/b

Sedangkan jika ada soal yg mencari persamaan 2 garis lurus yg saling tegak lurus berpotongan lihat soal no 4 (gb ke 4) di bawah ini ya...
Tapi utk soal ini kita harus tahu salah satu gradien dr garis tsb...kmd tentukan gradien keduanya dg rumus

m1 x m2 = -1


Contoh soal 1. UCUN II PAKET A 2018 no.18




Jika ada dua koordinat maka kita bisa tahu gradiennya.
Misalnya (3,-2) dan (4,1) lihat rumus gradien di atas.
                  
m = 1-(-2) = 1+2
        4-3.         1
Jadi gradiennya adalah 3

Sekarang bagaimana menentukan persamaan garisnya?
Gunakan rumus...utk tentukan x dan y yg dicari dlm persamaan, gunakan rumus sbb:
y-y1   = m (x-x1)
y-(-2) = 3 (x-3)
y+2  = 3x - 9
    0 = 3x -9 -2- y
    0 = 3x - y - 11
Atau
y-3x = -11

Contoh soal 2 UCUN tahun sama dg no 1
Gradien dari diagram cartesius (bisa tetap gunakan rumus atau ada cara lebih simple)
Bisa dilihat dr gambar
Garis miring ke kiri berarti minus

Tentukan kenaikan y yg adalah 2
Tentukan kenaikan x yg adalah 3
Jadi gradiennya -2/3, jawabannya B

https://youtu.be/wcyPM2FkUgk

Soal no 3 UN 2017






y-y1   = m (x-x1)
y-5     = 3 (x-2)
y= 3x -6+5
y= 3x - 1. Jawabannya D

Soal no. 4 UN 2016.
Video pembahasan insight chamber
https://youtu.be/Ym1pnY4IR7w










       
Tahap 1
tentukan gardien g dg cara tentukan garis miring kanan positif atau sebaliknya.
Krn garis kr kanan maka gradiennya positif
Menentukan gradien =  y/x (lihat segitiga 0, -2, dan 4)
Berarti y= 2
Dan x =4
Gradien g = 2/4 atau 1/2

Tahap 2
Krn m1 x m2 = -1
Maka m garis g x m garis l = -1
                      1/2  x m garis l = -1
             Jadi             m garis l = -1 x 2 (angka 1/2 pindah ruas jadi 2)
                                 m garis l = -2     

Tahap 3 menentukan persamaan garis l dg titik yg dilaluinya yaitu (4,0)

Dg rumus     
y-y1   = m (x-x1)
y-0     = -2 (x - 4)
       y = -2x + 8  jawabannya A   

UCUN I PAKET A 2018
Lihat pembahasan https://youtu.be/067oxQZPab0


     
       

Caranya:
Tentukan gradien garis l
Lihat garis miring ke kanan berarti positif
 Besar gradien =y/x
(Lihat segitiga yg dibentuk)
Besar y=3, x=4  jadi gradien positif 3/4
Yg tegak lurus m1 x m2 = -1

Jadi Garis l = adalah -4/3

Lalu lihat titik yg dilalui (4,2)
Sekarang masukkan rumus
y-y1 = m (x-x1)
y-2   = -4/3 (x-4)
Kedua sisi dikali 3 agar pecahan hilang
3y-6= -4x + 16
3y + 4x = 16+6
4x + 3y-22 =0 , jadi jawabannya D

Sekarang persamaan garis sdh dlm bentuk ax + by + c  = 0
Cross check gradiennya adalah gradiennya = -a/b
Yaitu -4/3 jadi benar ya...

UCUN I PAKET A 2018
Lihat pembahasan https://youtu.be/067oxQZPab0
No. 19 Pasangan garis berikut yang saling tegak liris adalah...
A. y= -3x + 4 dan x + 3y + 6 = 0
B. y= -2x + 5 dan 4x - 2y + 18 = 0
C. y= -5x + 2 dan 2x - 10y +15 =0
D. 6x= y + 5 dan 12x + 2y - 6 = 0
Caranya
Buat semua persamaan pada satu ruas, ruas yg lain nol...
Krn yg dicari tegak lurus maka m1 x m2 = -1
Mencari m1 dan m2 dg rumus m= -a/b

Opsi A: -3x - y +4 dan  x + 3y + 6 = 0
    m1=-(-3)/-1 =-3    m2= -1/3 ,
    m1 x m2= -3 x -1/3 =3, tidak sama dg -1 jadi opsi A salah

Opsi B: -2x - y + 5 dan  4x - 2y + 18 = 0
   m1= -(-2)/-1=2    dan m2=-4/-2=2
   m1 x m2= 2 x 2 =4, tidak sama dg -1 jadi opsi B salah

Opsi C: -5x -y +2 dan 2x - 10y +15 =0
   m1= -(-5)/-1 =-5 dan m2= -2/-10=1/5
   m1 x m2 = -5 x 1/5 =-1 jadi opsi C BETUL

Persamaan garis lurus yg sejajar
Jika dua garis sejajar maka gradiennya adalah SAMA (karena kemiringan garisnya sama) yg berbeda adalah c (konstantanya)
Berikut ini soal UCUN II Paket B th 2018

19. Persamaan garis yang sejajar dengan garis
2x +3y+6=0 melalui titik (-2,5) adalah...
A. 2x +3y-11=0
B. 3y + 2x-11=0
C. 2x + 3y +11=0
D.Зу-2x-19=0

Langkah 1: tentukan gradien persamaan 2x +3y+6=0 , dg rumus gradien yaitu m = -a/b yaitu =-2/3

Langkah 2: gunakan gradien dg titik (-2,5) sbg x1 dan y1
y-y1=m(x- x1)
y -5 = -2/3 (x-(-2)
y -5 = -2/3 (x+2) lalu kedua ruas dikalikan 3 agar penyebutnya hilang
3y-15= -2(x+2)
3y-15= -2x -4 lalu pindahkan semua ruas kanan ke kiri
3y-15 + 2x + 4 =0 atur ulang
2x + 3y -11 = 0, jadi jawabannya adalah A
N
Cara lain menjawabnya...
https://youtu.be/DUHAtmHjHaM













Friday, April 13, 2018

MAT SMP: Merasionalkan akar, menyederhanakan bentuk akar

√2  x  √2     =√4 atau langsung saja =2 (buang akarnya)

√2  +  √2      =2√2

√3  x  4       = 4√3

3√3 x √ 7    = 3√ 21

3√4 x 2√4   =6 √16 atau 6 x 4= 24

√8 x √5 = √40
 8 x √5  = 8√5 (berarti akar 5 sebanyak delapan kali,
jadi hasilnya 8√5) atau √5 + √5 + √5 + √5 + √5 + √5
+ √5 + √5 = 8√5

 AWAS 8√5 TIDAK SAMA dg √40
8√5 hasilnya (jika dihitung dg kalkulator) hasilnya 17,888 sedangkan
√40 hasilnya adalah 6,324


SOAL UN 2015
No.2.  Hasil dari √40 :√5 adalah...
          a. √2
          b. 2√2
          c. 3√2
          d. 4√2


√40: √5 = √8
              = √4 x 2
              = 2√2
Jadi jawabannya adalah b

Pangkat yg berbentuk pecahan (Fractional Exponents)
Apa artinya? 
Mari kita lihat video Khan Academy sbb:
https://www.khanacademy.org/math/algebra/rational-exponents-and-radicals/alg1-rational-exp-eval/v/negative-fractional-exponent-examples


SOAL UN 2015
No. 3  Hasil dari 125^2/3 adalah...
A. 5
B. 15
C. 25
D. 50




 (untuk menghilangkan penyebut 3 pada pangkat 125 diubah menjadi
 5 pangkat 3, lalu sama2 dicoret 3-nya disederhanakan)

hasilnya adalah 5 pangkat 2




Jadi jawabannya adalah C



SOAL UCUN II PAKET A no.7









  Cara:  hilangkan akar dr penyebutnya
  dg cara kalikan dg √2 
                                     √2

    12     √2 =12√2  =12√2  =2√2 
     3√2     √2    3X2       6 


SOAL UCUN II PAKET A no.5
                                                                  






= 2√48        + √ 15 x √5
= 2√16 x 3 + √75
= 8√3          +√25 X 3
= 8√3          + 5√3
= 13√3

SOAL UN 2017 no.3

Caranya..
Tahap 1: hilangkan akar dr penyebutnya
yaitu dikalikan dg 3 + √5

        8        x   3 + √5
   3 - √5           3 + √5

      24 + 8√5        
9 + 3√5 -3√5 -√25 (kurangkan 3√5 -3√5 jadi nol)

      24 + 8√5        
         9 -5            (√25 sama dg 5)

     24 + 8√5        
         4

     24 + 8√5          (24 dibagi penyebutnya 4 jadi sama dg 6)
         4                   (8 dibagi 4 sama dg 2)

  6 + 2√5 (akar lima tetap krn tidak dibagi 4)

Jadi jawabannya A


IPA SD:Planet, rotasi Bumi

Bahan IPA SD -Tata Surya- Kuis

1. Planet yg punya 2 satelit yg bernama Phobos dan Demos adalah...
Jawab: Mars

2. Planet terkecil yg punya byk kawah adalah..
Jawab: Merkurius.

3. Planet terbesar dalam tata surya kita adalah...
Jawab: Jupiter

5. Planet yg punya cincin yg jelas adalah...
Jawab: saturnus.

6. Planet yg berwarna merah adalah planet...
Jawab: Mars.

7. Planet yg suhunya sangat tinggi adalah...
Jawab: Venus.

8. Planet yg kaya akan oksigen dan memiliki pasokan air adalah..
Jawab: Bumi.

9. Planet terdingin di tata surya adalah...
Jawab: Uranus.

10. Planet terjauh dalam tata surya dan memiliki cincin tipis adalah...
Jawab: Neptunus.

Urutan planet berdasarkan letaknya dr yg terdekat dg matahari sd yg terjauh adalah:
Merkurius
Venus
Bumi
Mars
Jupiter
Saturnus
Uranus
Neptunus
Pluto

Bumi berotasi (berputar pada porosnya) ini mengakibatkan..,.
1. Gerak semu matahari dan bintang (seolah-olah matanari bergerak dari timur ke barat.
2. Perbedaan daerah waktu.
3. Terjadinya siang dan malam.
4. Pembelokan arah angin mengikuti rotasi Bumi


MAT SMP: deret Aritmatika, Un dan Sn dari deret Aritmatika, deret aritmatika derajat 2

Materi SMP

Deret Arimatika
Jika urutan    1 =1
                      2=3
                      3=5
                      4=7
Setiap naik urutan akan ditambah 2
Maka urutan ke lima adalah 9
                      5= 9

Jika pakai rumus maka rumusnya
U5= 1 +  (2x4)=9
Maka rumusnya secara umum adalah
Un= a + (b x (n-1)
Un : urutan ke... yg dicari
a adalah nilai dari urutan awal (a lambang awal)
b adalah beda (b lambang beda nilai dr urutan satu ke urutan berikutnya)
n-1 adalah nomor urutan yg dicari dikurangi 1 krn urutan pertama tidak ditambah beda)

Jika ditanyakan berapa jumlah U1 sd U 5
Maka kita akan menambahkam angka 1+ 3+5+7+9=25

Nah sekarang pakai rumus
Sn= 0,5 x n (U1 +U5)
     = 0,5 x 5 (1+9)
      =0,5 x 5.10
      =25

Rumus Sn = 0,5 x n (U1 + Un)

Hasilnya klop ya dg hitung manual...
Jadi rumus ini berguna jika urutannya panjang dan banyak...
Harap dihafal ya...

Soal UN 2014 no.7
7. Diketahui barisan aritmetika dengan U5=8 dan U9=20
Suku ke-10 adalah...
A. -31
B. -23
C. 23
D. 31

Diketahui U5= 8 dan U9=20
masukkan rumus Un=a+ (b. n-1)
                       
U5= a+ b.4
   8= a+ 4b

U9=a+b.8
 20=a+8b

lalu gunakan eliminasi agar a hilang
 20 =a+8b
    8=a+4b -
  12= 4b
12/4 = b
  b= 3

masukkan ke salah satu persamaan utk mendapat nilai a
8=a +4b
8=a +4.3
8=a + 12
8-12=a
a=-4

sekarang mencari suku ke 10
U10 = -4 + 9b
U10 = -4 + 9.3
U10 = -4 + 27
U10 = 23

Jadi jawabannya adalah c


Soal UN 2014 no.8
8. Dari barisan aritmetika diketahui U3=18 dan U7=38.
Jumlah 24 suku pertama adalah..
A. 786
B. 1.248
C. 1572
D. 3.144

Diketahui U3= 18 dan U7=38
masukkan rumus Un=a+ (b. n-1)
                         
U3= a+ b.2
 18= a+ 2b

U7=a+b.6
 38=a+6b

lalu gunakan eliminasi agar a hilang
 38 =a+6b
 18= a+ 2b -
20 = 4b
20/4 = b
  b= 5

masukkan ke salah satu persamaan utk mendapat nilai a
18=a +2b
18=a +2.5
18=a + 10
a = 8

sekarang mencari suku ke 24
U24 = a + 23b
U24 = 8 + 23.5
U24 = 8 + 115
U24 = 123

sekarang cari jumlah 24 suku pertama
Sn= 1/2 x n (a+ Un)
S24= 1/2 . 24 (8+123)
S24= 12 (131)
S24= 1572

Jadi jawabannya adalah D


Deret aritmatika derajat 2

Rumusnya sama dg yg atas ditambah 1/2 x (n-1)(n-2).c

Jadi rumus nya adalah Un= a + (n-1)b + 1/2 x (n-1)(n-2).c
Atau jika lebih dr dua bisa lihat rumus sbb:
https://rumushitung.com/2014/08/04/rumus-barisan-aritmatika-bertingkat/

Utk lebih jelas dlm contoh soal...
Lihat video penjelasan Kak Feri sbb:
Apa itu aritmetika derajat 2 dan cara hitung Un (by kak Fery)

Soal kedua sbb
























Soal ketiga adalah dari UCUN II 2018 paket B
10. Suku ke-80 barisan bilangan 15, 24, 35, 48,
adalah...
A. 5.888
B. 6.444
C. 6.888
D. 7.686

Jawab
 a= 15,  24,   35,   48
       b=9       11   13
              c= 2        2

Gunakan rumus spt gb foto kotak pink di atas

U80 = a+ (b x 79) + (79) x (78) x 2
                                           2
        = 15 + (9x79) + (79x78)
        = 15 + 711      + 6162
        = 6.888
jadi jawabannya C

Cara lain pengerjaannya lihat link sbb
https://youtu.be/DUHAtmHjHaM






    

Wednesday, April 11, 2018

MAT SD: urutan dan satuan panjang, luas, volume dan nama lainnya

Ukuran panjang, luas dan volume
Satuan waktu


km = kilometer
hm = hektometer
dam =dam meter
m = meter
dm =desimeter
cm = centimeter
mm= milimeter

Ukuran panjang :turun satu tambah 1 nol
Ukuran luas        : turun satu tambah 2 nol
Ukuran volume : turun satu tambah 3 nol


1 hektar sama dengan 10.000 meter persegi atau  hektometer persegi
1 are sama dengan 100 meter persegi atau  dam meter persegi

1 km2 sama dengan 100 hektometer persegi
1 hektometer persegi sama dengan 100 dam persegi  atau 10.000 meter persegi

1 liter sama dengan 1 desiliter kubik
1 liter sama dengan 1000 cm kubik
1 meter kubik sama dengan 1000 liter

1 ml sama dengan 1 cm kubik
1 liter sama dengan 1000cm kubik atau 1000 ml

1 ons sama dengan 1 hektogram
1 kilo sama dengan 10 ons atau 10 hektogram

1 ton sana dengan 1000 kilogram
1 kuintal/ kwintal sama dengan 100 kilogram

1 dekade sama dengan 10 tahun
1 windu sama dengan 8 tahun
1 dasawarsa sama dengan 10 tahun
1 abad sama dengan 100 tahun

1 kodi sama dengan 20 biji
1 lusin sama dengan 12 biji
1 gross sama dengan 144 biji

1 rim sama dengan 500 lembar







Monday, April 9, 2018

IPA SMP: Massa jenis, rumus kalor, energi mekanik, hukum newton

Rumus massa jenis: (hak cipta foto silakan lihat di link dlm foto)



Saat memasukkan karbit dalam air terjadi reaksi kimia yg menghasilkan gas asitilen.


Pengaruh ganja pada manusia
Mengantuk tapi susah tidur, pengendalian diri menurun
Pengaruh ganja secara psikis berarti secara mental yaitu malas, gampang curiga, gampang curiga.

Kalor lebur es 336.000 joule/kg
Kalor jenis es 2.100 j/kg
Kalor jenis air 4.200 j/kg
Kalor yg diperlukan
Rumusnya Q=mc△t

Untuk menghitung 2 zat yg berbeda dg suhu yg berbeda
Gunakan Azas Black
 Q lepas = Q terima
mc△t     = mc△t
Contoh soal Ucun I 2018 paket A








   

Ql air = Qt alkohol
mc△t air=mc△t alkohol
Perhatikan opsi jawaban dlm J/kg berarti berat harus dlm kg
0,2 x 4200x 5= 0,4 x c X 5 (coret angka 5 ruas kanan dan kiri)
840:0,4          = c
840 x 10/4    = c
                  c   =2.100
Lihat pembahasan Pak Ali di insight chamber sbb:
https://youtu.be/pqp8yTracqQ


ENERGI LISTRIK
W = P.t
W (work=energi yg digunakan)
P   (power=kekuatan energi perdetik)
t    (waktu durasi pekerjaan tsb).

Contoh:
Setrika dg daya 300watt digunakan selama 1 jam maka besar energi listrik yg digunakan adalah...
W=P.t
W= 300x (60x60) (watt x second)
W= 1.080.000 Joule
W= 1.080 kj

Utk menghitung energi lampu selama sebulan maka ada byk nol jika dihitung perdetik, maka ditemukan satuan Wh (watt hour) di mana kita tidak menghitung per detik tapi dlm jam/ hour.

Contoh soal:
Lampu 10 watt dipakai selama 10 jam sehari, berapakah penggunaan dlm satu bulan?
W= P.t
W= 10.10.30=3000 Wh

Namun inipun masih terlalu banyak (mengingat dlm rumah bukan cuma lampu, tapi juga kulkas, AC, setrika shg rekening listrik akan menghitung tagihan berdasar kilo watt hour (kWh)

JADI 3000 Wh diubah menjadi 3 kWh













Cara hitung:
3 buah lampu  x 20 watt  x 12 jam x 30 hari=   2.600 Wh
3 buah lampu  x 40 watt  x 12 jam x 30 hari= 43.200 Wh
1 buah pompa x 250watt x 4 jam   x 30 hari= 30.000 Wh
1 buah setrika x 300watt x 2 jam   x 30 hari= 18.000 Wh 
                                                                                112.800 Wh

Biaya per Kwh adalah rp.600
Jadi Wh dijadikan Kwh x rp.600
112.800 Wh menjadi 112,8 x 600 = 67.680, jawabannya D

(Cara cepat hitung:
 hitung total  semua dlm sehari baru sth itu totalnya dikali 30)

Berikut ini soal gabungan energi listrik dan kalor.
Gunakan rumus Energi listrik = Energi kalor
                                   W= P.t          ~         Q= mc△t
Soal ucun I 2018






          


              W = Q
             P.t = mc△t
350.10.60 = 2.4200. (t tinggi-t awal)
210.000    =8400 (t tinggi-28)
210.000/8400 = (t tinggi -28)     
                  25  = t tinggi -28
 t tinggi = 25+ 28
 t tinggi = 53
Jadi suhu sth dipanaskan sth 10  menit akan menjadi menjadi suhu setinggi 53 derajat panasnya.W Jawabannya B



Hukum newton
1. Kelebaman atau inersia (tubuh terayun ke depan saat
    kendaraan direm)
2. F=m.a
    (force = mass.acceleration)
    F=Gaya
    m=massa
    a=percepatan
3. F=-F
   (gaya yg diberikan akan ada lawan gaya dg arah berlawanan)

Energi mekanik = Energi potensial + energi kinetik
EM = EP + EK
EM =m.g.h=+1/2 mv^2
Catt: massanya dlm kilogram ya...

Contoh soal paket B th 2015
Sebuah benda bermassa 0,5 kg jatuh dr ketinggian h. Saat menyentuh tanah kecepatan benda 8m/s. Berapakah ketinggian benda mula2 jika g=10m/s^2?
               EP =EK
           mgh = 1/2 mv^2
0,5˙˙˙˙ x 10 x h= 0,5 x 0,5 x 8^2
           5h.    = 0,25 x 64
              h.    = 16/5
              h.    = 3,2 meter

Di bawah ini soal yg diambil dr
http://fismath.com/rumus-energi-mekanik-dan-contoh-soalnya/
 Sebuah mangga yang massanya 100 gram dilempar secara vertikal ke atas. Pada waktu ketinggiannya 10 meter dari permukaan tanah memiliki kecepatan 4 m/s. Berapakah energi mekanik buah mangga pada saat tersebut? Jika g =10 m/s2
Pembahasan :
m = 100 gram = 0,1 kg  ;  h = 10 m ;
v = 4 m/s ;  g =10 m/s2
ditanya Em…?
Em = Ep + Ek
Em = m g h + ½ m v2
Em = 0,1 . 10 . 10 + ½ . 0.1 . 4^2
Em = 10 + 0,8
Em = 10,8 joule

Sebuah buku yang massanya 1 kg jatuh dari apartemen. Pada saat jatuh ke tanah, kecepatan buku tersebut 20 m/s. Berapakah ketinggian apartemen tempat buku jatuh tersebut? Jika nilai g = 10 m/s2.
Pembahasan :
m = 1 kg  ; v = 20 m/s ;  g = 10 m/s2
ditanya h….?
Em1 = Em2
Ep1 + Ek1 = Ep2 + Ek2
m1 g h1 + ½ m1 v12 =  m1 g h2 + ½ m1 v22
Ep = maksimum
Ek1  = 0, karena buku belum bergerak
Ep2 = 0, karena buku sudah jatuh di tanah dan tidak mempunyai ketinggian
Ek2 = maksimum
m1 g h1 + 0 =  0 + ½ m1 v22
1 x 10 x h = ½ x 1 x 20^2
10 x h = 200
h = 200 : 10 = 20 meter.
Jadi ketinggia apartemen tempat jatuhnya buku adalah 20 meter.

Illustrasi gb sbb